Materi Ajar Senin, 20 Oktober 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/20 Oktober 2025
Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau di dengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
· Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan
· Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
1. Melalui
kegiatan menjawab pertanyaan terhadap teks “Awas Kuman!” yang dibacakan,
peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menjelaskan simpulannya dengan
benar.
2.
Melalui kegiatan melengkapi kalimat sederhana dengan
gambar atau kata, peserta didik mampu menggambarkan gagasan terkait ide pokok
bacaan dengan baik.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
BAB 3
AWAS KUMAN
MENYIMAK
Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang kalian lihat pada gambar?
2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?
3. Apa yang terjadi pada kuman itu?
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak-anak Sholih dan Sholihah
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Hari ini kita akan melakukan Ulangan harian matematika, apakah masih ingat materi yang ibu guru sampaikan? Mari kita ulang kembali materi yang ibu guru sampaikan agar dapat mengerjakan soal ulangan dengan baik
KISI-KISI SUMATIF 2 MATEMATIKA
Perhatikan materi dibawah ini:
1. Materi angka 1-10
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Komentar
Posting Komentar