Materi Ajar Kamis, 15 Mei 2025

     Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila  

Hari/Tanggal : Kamis/15 Mei 2025  

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:5/ Aku Suka Begotong-royong

Materi Pembelajaran : Aku Suka Bergotong-royong


Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap konsisi orang lain.
• Membandingkan pekerjaaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama.




Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?  

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

BAB 5
Aku Suka Bergotong-royong

Gotong-royong di Keluargaku

Namaku Ayu.

Aku tinggal dengan ayah dan ibu.

Rumahku selalu bersih dan rapi.

Kami menjaga bersama-sama menjaga kebersihan.

Kebersihan rumah tanggung jawab bersama.



Kami bergotong royong membersihkan rumah.

Ibu menyiram bunga.

Ayah memotong dahan dan ranting.

Aku mencabut rumput.

Adik membuang sampah.

Kami melakukannya bersama-sama.

Pekerjaan menjadi ringan.

Pekerjaan juga cepat selesai.


Gotong royong adalah melakukan pekerjaan bersama-sama.

Gotong royong berarti hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

Dengan gotong royong pekerjaan sulit menjadi mudah.

Pekerjaan berat menjadi ringan.


Tugas!

Jawablah pertanyaan berikut ini :

1. Dari gambar di atas siapakah yang bertugas menyiram bunga?

2. Bergotong royong membuat pekerjaan menjadi?

3. Siapa yang bertugas mencabut rumput ketika bergotong royong?

4. Ayah memotong dahan dan ranting menggunakan apa?

5. Kebersihan rumah adalah tanggung jawab siapa?  

Silahkan mengerjakan tugas pendidikan pancasila ya anak sholih sholiha, dikerjakan di buku tulis pendidikan pancasila, memakai tegak beesambung dan di kumpulkan ketika masuk sekolah

HARI/TANGGAL    : Kamis, 15 Mei 2025

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 2 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik

🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:

Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut: 

1. Manik2
2. Benang
3. Gunting 





Simak video berikut ini tentang meronce membuat tasbih dari manik-manik :

Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

Penutup :

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb

 Kesimpulan Akhir Pembelajaran :

Alhamdulillah pembelajaran Pendidikan Pancasila hari ini tentang “Aku Suka Bergotong royong” dan P5 tentang “Meronce” semua siswa dapat memahami dengan baik.


Alhamdulillah, dari 25 siswa pembelajaran seni rupa dan P5 berjalan dengan baik dan lancar, namun masih ada 1 siswa yang belum dapat memahaminya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Rabu, 07 Mei 2025

Materi Ajar Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar Senin, 05 Mei 2025