Materi Ajar Kamis, 23 Januari 2025

  Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila                 

Hari/Tanggal : Kamis/23 Januari 2025        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar

Materi Pembelajaran : Aku Cinta Lingkungan Sekitar

Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selaludalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

Radhitu billahi Rabbaawa bil Islami diinawa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma


Aku cinta lingkungan sekitar


Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarSikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.


Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik

3. Menghemat penggunaaan air

4. Menghemat penggunaan listrik

5. Tidak melakukan pembakaran


Soal latihan

Petunjuk :

1. Lihatlah gambar di bawah ini

2. Peserta didik dapat membuat cerita yang sesuai dengan gambar di bawah ini 




Mata Pelajaran : P5                

Hari/Tanggal : Kamis/23 Januari 2025        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan mengenal jenis-jenis meronce. Adapun jenis-jenis meronce adalah sebagai berikut: 

1. Meronce dari bahan alam. Bahan alam yang dimaksud adalah bahan yang diperoleh dari lingkungan alam sekitar secara langsung. Contohnya, janur, bunga segar, buah-buahan, bunga kering, dedaunan, ranting, atau biji-bijian.


2. Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

3. Meronce dari bahan bekas. Bahan-bahan yang dapat digunakan seperti serutan kayu, gelas plastik, dan lainnya.



Berikutnya kita akan bahas tentang tahapan meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari iniApakah anak-anaknyaman belajar hari iniApa yang telah kalian pelajari hari ini

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.

 

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaranTetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahuluTetap jaga kesehatanselalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya

Ibu guru akhiri.

Wassalamualaikum wr.wb


Kesimpulan Materi Ajar Pendidikan Pancasila & P5

Alhamdulillah  pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila tentang  “Aku Cinta Lingkungan sekitar”  dan P5 tentang jenis2 meronce. Kelas 1A mengerti dengan baik. Kelas 1A terdapat 1 siswa yang belum terlalu paham tentang “jenis-jenis meronce” dan siswa lainnya sudah paham dan memperlajarinya dengan baik.
Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha. 

Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Rabu, 07 Mei 2025

Materi Ajar Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar Senin, 05 Mei 2025