Materi Ajar Bahasa Indonesia & Matematika, Selasa 20 Agustus 2024
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Selasa/20 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi Pembelajaran : Persiapan
membaca, persiapan menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
1.
Peserta
didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
2.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan
yang didengar serta mampu memahami
informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar),
instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau
lingkungan.
Membaca
dan Memirsa
1.
Peserta
didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat
terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
2.
Peserta
didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta
didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang
diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3.
Peserta
didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan
dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan
bantuan ilustrasi.
Berbicara
dan Mempresentasikan
1.
Peserta
didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2.
Peserta didik mampu merespons dengan bertanya
tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3.
Peserta
didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar;
dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik
diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Menulis
1.
Peserta
didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas
kertas dan/atau melalui media digital.
2.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan
tangan yang semakin baik.
Peserta
didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau
lingkungan dengan beberapa kalimat
sederhana.
Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP):
Dengan menyimak dan
menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan
bermain, peserta didik dapat mengenali tanda Tanya dan tanda seru dalam
kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’
Tujuan Pembelajaran (TP)
:
1.
Melalui
latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta
didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya
dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menjawab
pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta
didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum
wr.wb
Tabik
Pun..
Selamat
Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana
kabarnya hari ini anak sholih dan
sholihah?
Semoga
semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya
sayang..
Ayo
anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum
memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu
billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi
zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
MENYIMAK
Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.
Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan
berikut. Lalu, jawablah.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.
4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan aman?Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan
alasan kalian.
5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anak-anak?
PENUTUP
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah
kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah
bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam
wr.wb
Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Selasa/20 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 2/Penjumlahan Sampai dengan 10
Materi Pembelajaran : Berbagai Cara Melakukan Penjumlahan
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya.
Peserta didik mampu menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan dengan benar.
Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi penjumlahan (menghitung maju, pasangan bilangan (number bond), penjumlahan ganda, penjumlahan yang hasilnya 10) dengan tepat.
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan dengan satu langkah penyelesaian.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb.
Komentar
Posting Komentar