Materi Ajar Bahasa Indonesia, Selasa 07 Mei 2024
Hari/Tanggal : Selasa/ 07 Mei 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 8/ di Sekitar Rumah
Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar
Capaian Pembelajaran :
•Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural (teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
•Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menujukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Peserta didik mampu membaca kata –kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
•Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu merespon dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang di bacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan
•Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tantang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
•Menyimak :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui
•Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
•Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Bab 8Di Sekitar Rumah
Apakah kalian sudah siap belajar?
Amati gambar di atas, ya.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Dapatkah kalian menemukan Bayu
dalam gambar itu? Tunjukkan rumahnya.
2. Apa saja yang kalian lihat di sekitar rumah Bayu?
3. Tunjukkan sekolah Bayu.
4. Suasana di sekitar rumah Bayu ramai atau sepi?
5. Tunjukkan jalan yang dilalui Bayu untuk pergi ke
sekolah.
Guru akan membacakannya.
1. Warnailah gambar sungai.
2. Lingkarilah gambar gubuk di sawah.
3. Gambarlah segitiga di dekat jembatan.
4. Ada berapa rumah pada gambar?
5. Ada berapa pohon pisang di sawah?
Sekarang, lihatlah sekeliling.
Katakan kepada guru.
1. Apa saja yang ada di sebelah kiri kalian?
2. Apa saja yang ada di sebelah kanan kalian?
1. Gambar apa yang ada di sebelah kiri? __________
2. Gambar apa yang ada di sebelah kanan? _________
Amati, ya.
Ikuti guru membacanya.
a. Ada bantal di atas
tempat tidur.
b. Ada truk mainan di
bawah tempat tidur.
c. Ada baju di dalam
lemari.
d. Ada buku di luar kotak.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Komentar
Posting Komentar