Materi Ajar SBdP, Rabu 27 September 2023
Hari/Tanggal : Rabu/27 September 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : Bermain dan Bernyanyi Materi Pembelajaran : Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
CP :
Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.
Tujuan Pembelajaran :
| ||
Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
ATP :
1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.
Tujuan Pembelajaran:
Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang musik dan berlajar bernyanyi dengan tepuk tangan dan entakan kaki
Kita sering bertepuk dan entakan kaki saat sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irama atau ritme musik
1. Belajar Ritme dengan Suku Kata
Pola Irama ditentukan oleh jumlah ketukan, ada jumlah ketukan berulang 2, jumlah ketukan berulang 3, dan jumlah ketukan berulang 4.
Kamu dapat belajar pola ritme dengan tepukan kuat 👏 dan tepukan lemah 👏
Contoh :
Ketukan 2
👏 👏
Prok prek
👏 👏
Prok prek
👏 👏
Prok prek
👏 👏
Prok prek
Ketukan 3
👏 👏 👏
Prok prek prek
👏 👏 👏
Prok prek prek
👏 👏 👏
Prok prek prek
👏 👏 👏
Prok prek prek
Ketukan 4
👏 👏 👏 👏
Prok prek prek prek
👏 👏 👏 👏
Prok prek prek prek
👏 👏 👏 👏
Prok prek prek prek
👏 👏 👏 👏
Prok prek prek prek
2. Belajar Ritme dengan Tepukan dan Entakan
Pola ketukan yang teratur akan membentuk irama.
Irama musik yang didengar dapat membuat kita bergerak mengikuti.
Bergerak dengan bertepuk atau mengentak kaki.
C. Bermain Pola Ritme atau Irama
Peserta didik mampu memainkan pengembangan pola ritme sederhana dengan kaidah tempo, baik tubuh sendiri maupun instrumen perkusi sederhana.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar